Wednesday, June 6, 2012

PENGARUH KUALITAS ASSET DAN LIABILITAS TERHADAP KINERJA PERBANKAN SYARIAH


ALSA, YUSTRA IWATA (2004)  Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
[img]download full PDF version
2064Kb

Abstrak

One of obstacles of syariah banking development is possibility of liquidity crises. Syariah banking has relatively small amount of cash due to low understanding of society. Hence, this liquidity matter should be managed strategically to avoid liquidity crises. A relevant solution of this circumstance is accomplished asset- liability management. Objective of this study is to analyze the influence of asset- liability management to syariah bank working performance in the present of liquidity crises. Current studies on asset-liability management in banking industry, especially on syariah banks are limited Previous study on asset-liability and banking competency generally applied CAMEL ratio. 
Sample of this studi is syariah bank in Indonesia. Data is taken by documentation technic. A multiple regression analysis using SPSS 11 was conducted on Bank Indonesia annual report from the year 2001 until 2004. The result identified that quality of asset and quantities of liability have a significant positive influence on working performance of syariah banks. Those empirical findings indicated that quality of asset and liability were developed on certain ratios. Public savings and credits were the constituents. Hence, implemented strategy should purpose to enhance public saving amounts and credits current in syariah banks. Market share control is as such. Theoretical implications and suggestions for further study were also discussed. 
Salah satu kendala bagi perkembangan perbankan syariah adalah kemungkinan terjadinya krisis likuiditas. Hal tersebut dikarenakan dana yang dimiliki oleh perbankan syariah relatif kecil yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat. Oleh karena itu, masalah likuiditas ini haws dikelola secara strategis agar terhindar dari !crisis likuiditas. Salah satu can yang dapat dilakukan adalah dengan mengelola asset-liabilities management dengan cermat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asset-liabilities management dengan kinerja perbankan syariah dalam menghadapi krisis likuiditas. 
Penelitian mengenai asset-liabilities management industri perbankan, khususnya bank syariah, masih jarang dilakukan dan biasanya penelitian-penelitian terdahulu yang meneliti mengenai asset-liabilities dan kinerja perbankan selalu menggunakan rasio CAMEL. Model penelitian diuji pada perbankan syariah Indonesia dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan Bank Indonesia sejak tahun 2001 sampai 2004. Telcnik analisis yang digunalcan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 11. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas asset dan kualitas liabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bank syariah. 
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa kualitas asset dan liabilitas dibangun oleh rasio-rasio yang didalamnya terdapat komponen simpanan masyarakat dan kredit. Oleh karena itu, strategi yang ditetapkan sudah seharusnya bertujuan untuk meningkatkan jumlah simpanan masyarakat dan penyaluran kredit pada bank syariah, misalnya peningkatkan penguasaan market share. Implikasi teoritis serta saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian terakhir penelitian ini.

No comments: