WIRAWAN, TOMMI EKA (1997) STRATEGI PEMASARAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. Masters thesis, prngram Pascasarjana Universitas Diponegoro.
PDF - Published Version 2280Kb |
Abstract
ABSTRAKSI
Strategi pemasaran pada kenyataannya lebih merupakan pencerminan dari
strategi inti, misi dan visi yang ditetapkan oleh manajemen suatu
perusahaan. Penerapan Strategi Pemasaran yang tepat salah satunya akan
terlihat pada perolehan hasil pertumbuhan perusahaan itu pada tingkat
yang diinginkan. Pada Industri Perbankan, Bank Muamalat Indonesia (BMI)
merupakan bank satu satunya dan yang pertama yang menerapkan sistem
tanpa bunga (bagi hasil) yang berbeda dengan bank konvensional lainnya
menjadikan BMI mempunyai keunggulan kompetitif . BMI sejak berdiri
memang menunjukkan suatu pertumbuhan, tetapi masalahnya ialah bahwa
prosentasi pertumbuhan yang ada , terutama yang menyangkut jumlah dana
pihak ke tiga serta jumlah pelanggan/ nasabah mengalami penurunan. Juga
keadaan tidak tercapainya anggaran yang ditetapkan pada total pembiayaan
dan total dana pihak ketiga. Kedua hal tersebut menunjukkan adanya
sesuatu masalah pada pemasaran baik dana pihak ketiga maupun
pembiayaan.
Keunggulan kompetitif yang dimiliki nampaknya belum banyak diterapkan
pada strategi pemasaran sehingga hasil yang diperoleh belum menunjukkan
pertumbuhan yang positif.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan keunggulan kompetitif, yang
melihat hal tersebut sebagai suatu kekuatan dan kesempatan yang dapat
dimanfaatkan guna meningkatkan tingkat pertumbuhan jumlah dana pihak
ketiga serta jumlah nasabah/ pelanggan. Dengan menggunakan alat analisa
SWOT, analisa Target Pasar serta analisa Rantai Nilai, dicoba ditemukan
suatu rumusan strategi pemasaran produk dana BMI yang diharapkan dapat
meningkatkan prosentase perubahan pertumbuhan jumlah dana pihak ketiga
serta jumlah nasabah/ pelanggan BMI.
7 Eleman Bauran pemasaran yang dirumuskan melalui pendekatan Keunggulan
kompetitif, penjabaran MISI, CITRA serta perumusan Postitioning
Statement diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pemecahan masalah
yang dihadapi.
Akhirnya Alternatif Strategi Pemasaran BMI dapat dirumuskan sebagai
berikut :
• Penentuan / Pola Pemilihan Pelanggan Bmii yaitu Kelompok Ekonomi Lemah
dan Kelompok Usia Muda sebagai relung pasar yang digarap yang merupakan
Nasabah Potensial BMI.
• Menjaga Pelanggan BMI dengan memperhatikan nilai pelanggan yang berupa
Kecepatan Pelayanan, Akses serta Tidak terlalu
mempertimbangkan tingkat nisbah bagi hasil.
ABSTRACT
Marketing Strategy in a real are more reflect a core strategy, mission
and vision that made by the management, The good Strategy Implementation
will shown at the company growth result in the stage that management
wants. In the Banking Industry, PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) was
the one and only bank and the first bank that used non rate of interest
system (Profit Sharing) which was different from the other conventional
bank. It's make BMI had a competitive advantage. Since BMI was
establish, it was shown a good growth, but the percentage rate of growth
, as specialy for number of third party fund and number of customer
seems decrease. Also it shown unsuccessful] work to reach the target of
third party total fund and total budgeting. So it seem that BMI has
major problem in strategy and marketing.
The Competitive Advantages that BMI have , wasn't been used efficiently
so the result wasn't shown a positif growth.
This research done by Competitive Advantage Approach that saw a factor
as stregth and opportunity which could used to increase a rate of growth
for number third party fund and number of customer. By using SWOT
analysis, Market Target analysis and Value Chain analysis, tried to find
a Marketing Strategy Statement for BMI Funding Product which hopely
could increase a percentage rate of growth for number of third party
fund and number of BMI customer.
A seven element of marketing mix which found by Competitive Advantage
Approach, Mission, Vission and Positioning Statement hopely could be an
answer for a problem that faced by the company.
Finally, the BMI Marketing Strategy Alternatives can discribe as :
• To find the patern of BMI Customer from a weak economical group and
young ages group as the market niches.
• To keep BMI Customer by look at the Customer Value as a speed of
service, access and not compete by the price.
No comments:
Post a Comment